Meriahkan HUT Korpri, Kontingen Dinas Pendidikan Karnaval Baju Adat Nusantara

Berita

Majalengka – Peringatan HUT Korpri di Majalengka diwarnai dengan pawai kebinekaan  untuk membangun keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta  menjunjung tinggi dan mengamalkan Pancasila, Selasa (5/12/2017).

Pawai karnafal diikuti oleh lebih dari 51 kontingen yang berasal dari semua Organisasi Perangkat Daerah, BJB, BUMD, SMK Korpri dengan mementaskan kreatifitas budaya dan seni masing-masing yang tetap mencerminkan kebinekaan dan persatuan serta prestasi.

Dinas Pendidikan menampilkan keragaman budaya di Majalengka dan nusantara, pesertanya ada yang mengenakan pakaian adat nusantara, pakaian modern, serta kesenian daerah. Namun ratusan peserta juga mengenakan payung geulis, payung biasa dengan aneka warna, ada juga yang mengenakan dudukuy lengkap dengan kebaya dan kain samping jangkungnya serta laki-leki mengenakan baju kampret.

Dinas BMCK mengenakan kampret dan kebaya bagi perempuan. Unsur pimpinan menaiki kuda renggong seperti yang dilakukan pula oleh Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air .

Pada acara tersebut merekapun menampilkan kemahiran mereka dalam kesenian pencak silat, samprong, seni calung dan atraksi kuda renggong. Ada pula yang menampilkan tari topeng, tari kreasi seperti yang ditampilkan Dinas Kominfo serta pacikrak yang jarang ditampilkan di Majalengka. Pacikrak ini dibawa oleh Kecamatan Sindang.

Bupati Majalengka Sutrisno beserta istrinya Imas Indrawati sempat ikut turun dari panggung kehormatan untuk menari bersama peserta pawai. Hingga suasanapun sangat cair dan lebih meriah.

Sebelum pawai dimulai Bupati Majalengka Sutrisno mengatakan agar ASN terus memperkokoh  menjaga empat pilar kebangsaan. Dan parade juga dilakukan untuk menjaga persatuan kesatuan bangsa ditengah bangsa yang beragam suku dan agama.(Ab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.