Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Upayakan Pelestarian Kain Tenun Gadod Nunuk

Berita

Majalengka – Upaya melestarikan lain tenun Gadod khas Desa Nunuk Baru Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka digelar Sanggar Listy Mekarjaya Panglipur dengan menggelar workshop dan penyuluhan kain tenun buhun gadod di Desa Nunuk Baru,  Sabtu (18/11/2017).

 

“Lain Gadod ini merupakan  Potensi kearifan lokal yang harus dirawat, dijaga, dan dilestarikan. Ke depan, bila berhasil mengelola potensi budaya tersebut bisa menumbuhkan ekonomi kreatif dan menjadi penghasilan bagi masyarakat  “kata Ketua DPRD Majalengka Tarsono D Mardiana saat menghadiri Workshop dan Penyuluhan Tenun Gadod.

 

Dilakukan dalam acara tersebut juga secara simbolis dilakukan pemberian bibit kapas honje dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kepada karang taruna setempat.

 

Tarsono,  berharap generasi kini mampu mewarisi warisan leluhur tenun gadod, salah satunya dengan mengapresiasi karya monumental tersebut dengan workshop Dan upaya pelestarian harus berkesinambungan.

 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka Gatot Sulaeman mengatakan warisan kainTenun Gadod harus terus dilestarikan, mengingat banyak nilai-nilai budaya tinggi yang dirintis para pendahulu.

 

” pelestarian upaya generasi kini dalam berkarya bisa dimulai dengan hal-hal kecil untuk berkarya yang lebih besar. Dengan menggelar penyuluhan, diharapkan mampu mendorong semua pihak dapat mengangkat potensi kearifan lokal tersebut seiring adanya BIJB semoga menembus pasar international, “pungkas dia. (Abd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.