logo

Berita

Jamran di Kabupaten Majalengka

Disdik Majalengka

Disdik Majalengka

Rabu, 24 Agustus 2022

Informasi

Jamran atau Jambore Ranting adalah kegiatan rekreatif, edukatif, di alam terbuka dalam bentuk pertemuan besar pramuka penggalang yang menarik, menyenangkan dan mengandung unsure pendidikan, sebagai sarana pembinaan yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta, dimana kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun oleh gerakan pramuka yang ada di Kabupaten Majalengka. Sebanyak 26 Kecamatan yang ada di Kabupaten Majalengka mengikuti kegiatan Jamran untuk tingkat Penggalang SD dan SMP yang dilaksanakan serentak pada hari Jumat sampai dengan Minggu tanggal 12 sampai dengan 14 Agustus 2022, yang bertempat di Bumi Perkemahan ataupun di Lapangan yang tersedia di masing-masing Kecamatan. Kegiatan Jambore Ranting ini merupakan ajang silaturahmi dan juga kreatifitas anggota Pramuka yang pada akhirnya akan membentuk watak, sikap dan mental yang teruji sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka.

Kegiatan yang berlangsung dalam Jambore Ranting ini meliputi upacara bendera, keagamaan, kebersihan, kerapian, ketertiban, olahraga, dinamika kelompok, forum penggalang, menjelajah, karnaval dan masih banyak lagi kegiatan yang mengasah kemandirian dan kreatifitas para anggota pramuka yang akan membentuk generasi muda yang tangguh.

Dari adanya kegiatan tahunan ini diharapkan dari generasi ke generasi mengingat pentingnya memiliki sikap disiplin dalam mengerjakan segala hal. Dan pada tahun 2022 ini adalah merupakan hari pramuka yang ke-61 semenjak ditetapkannya pada tahun 1961 silam dimana sejarah singkatnya adalah berawal dari kemunculan Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) d Bandung dan Jong Indonesische Padvinders Organisatie (JIPO ) di Jakarta pada tahun 1923 oleh Belanda, dan gerakan pramuka di Indonesia tidak lepas dari peranan Bapak pramuka dunia yaitu Boden Powell yang merupakan penggagas gerakan pramuka di dunia.

Selamat hari pramuka yang ke-61 terus lahirkanlah tunas-tunas muda yang akan selalu terdepan dalam memberikan solusi bangsa serta menghadirkan inovasi baru demi kemajuan. Salam Pramuka